Sunday, October 06, 2024

Intisari Buku Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia



Buku “Madrasah dalam Politik Pendidikan di Indonesia” karya Husni Rahim membahas peran dan dinamika madrasah dalam konteks politik pendidikan di Indonesia. Buku ini mengkaji perkembangan historis, kebijakan, dan tantangan yang dihadapi madrasah, serta bagaimana lembaga pendidikan Islam ini beradaptasi dengan perubahan politik, sosial, dan kebijakan pendidikan di Indonesia.

Poin-Poin Utama:

 

1.Sejarah dan Peran Madrasah

         Madrasah memiliki sejarah panjang sebagai lembaga pendidikan Islam di Indonesia. Awalnya, madrasah 

          didirikan oleh para ulama dan tokoh Islam sebagai respons terhadap kebutuhan pendidikan umat Islam yang                   terfokus pada studi agama.


         Dalam sejarahnya, madrasah memainkan peran penting dalam menjaga tradisi pendidikan Islam, terutama di                     

          masa penjajahan, ketika madrasah menjadi alternatif pendidikan bagi masyarakat Muslim yang tidak ingin                        

          terpengaruh oleh pendidikan kolonial Belanda.


2. Pengaruh Politik terhadap Madrasah

 Buku ini menyoroti bagaimana politik pendidikan di Indonesia mempengaruhi keberadaan madrasah. Pada                      awalnya, pemerintah kolonial Belanda melihat madrasah sebagai ancaman karena madrasah dianggap                 

            menyebarkan ide-ide keagamaan yang bisa melawan otoritas kolonial. Hal ini menyebabkan madrasah kurang                 mendapatkan dukungan dari pemerintah kolonial.

           Setelah Indonesia merdeka, madrasah mulai diintegrasikan ke dalam sistem pendidikan nasional. Namun, tetap                 ada tantangan dalam hal peran dan pengakuan resmi madrasah dalam sistem pendidikan nasional, terutama                    dalam persaingan dengan sekolah-sekolah umum yang dikelola oleh pemerintah.


3. Madrasah dan Sistem Pendidikan Nasional

 Dengan perkembangan kebijakan pendidikan di Indonesia, madrasah mulai mendapatkan perhatian lebih dari 

            pemerintah. Integrasi madrasah ke dalam sistem pendidikan nasional berlangsung dengan sejumlah reformasi 

            kurikulum yang mencakup pelajaran umum selain pelajaran agama.


 Meskipun demikian, madrasah sering kali dihadapkan pada dilema antara mempertahankan identitasnya                         sebagai lembaga pendidikan agama dan menyesuaikan diri dengan kebijakan pendidikan nasional yang                             menuntut standar kurikulum dan pengelolaan yang serupa dengan sekolah umum.


4. Tantangan yang Dihadapi Madrasah

 Madrasah masih menghadapi berbagai tantangan, termasuk keterbatasan fasilitas, kurangnya tenaga pengajar 

             yang berkualitas, dan pendanaan yang tidak merata dibandingkan sekolah umum.


 Ada juga tantangan dalam hal pengakuan publik, di mana madrasah sering dianggap kurang berkualitas  

             dibandingkan sekolah-sekolah umum, meskipun beberapa madrasah telah mampu menghasilkan lulusan yang  

             kompeten dalam berbagai bidang, baik ilmu agama maupun ilmu umum.


5. Peran Madrasah di Era Modern

 Di era modern, madrasah dituntut untuk tetap relevan dalam menghadapi perkembangan zaman dan                                  globalisasi. Buku ini membahas bagaimana madrasah berusaha mengadaptasi diri dengan perubahan teknologi                  dan globalisasi, serta bagaimana mereka mencoba menghasilkan lulusan yang tidak hanya memahami ilmu                      agama, tetapi juga mampu bersaing di dunia kerja yang lebih luas.


 Madrasah kini semakin diakui sebagai bagian penting dari sistem pendidikan nasional, namun harus terus  

             berbenah untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ditawarkan agar bisa bersaing dengan lembaga  

             pendidikan lainnya.


 

Kesimpulan

 

Buku ini memberikan gambaran komprehensif tentang perjalanan madrasah dalam konteks politik pendidikan di Indonesia. Husni Rahim menyoroti bagaimana madrasah berusaha menavigasi berbagai tantangan politik dan kebijakan yang dihadapi, mulai dari masa kolonial hingga era modern. Buku ini menegaskan pentingnya peran madrasah dalam menjaga pendidikan Islam di Indonesia sekaligus menekankan perlunya reformasi dan inovasi agar madrasah tetap relevan dalam dunia pendidikan yang terus berkembang.

No comments: