Thursday, December 20, 2007

Arah Baru Pendidikan Islam Indonesia

Photobucket

Buku ini memuat kumpulan tulisan berupa refleksi pemikiran Husni Rahim yang sepanjang kariernya tak lepas dari dunia pendidikan Islam. Ia memulai kariernya sebagai pegawai Kantor Inspeksi Pendidikan Agama Kotamadya Palembang, sambil merangkap sebagai guru agama. Kemudian menjadi dosen yang terus ditekuninya sambil berkiprah sebagai pegawai Direktorat Pembinaan Perguruan Agama Islam Departemen Agama RI, hingga menjadi Direktur Jenderal Pembinaan Kelembagaan Agama Islam. Tugas utama yang diembannya adalah menangani masalah kebijakan dan pengambilan keputusan bagi pengembangan pendidikan Islam.

Diantara tulisan dalam buku ini merekam dinamika perkembangan pemikiran dan kebijakan mengenai pendidikan Islam. Sejumlah tulisan lainnya merupakan kajian yang mengandung ide dan gagasan untuk membangun aspek keunggulan dari lembaga pendidikan Islam di Indonesia (madrasah, pesantren dan Perguruan Tinggi Islam).

Benang merah tulisan dalam buku ini dengan jelas memperlihatkan ketajaman penulisnya dalam melihat masalah secara kritis dan mendorong usaha pengembangan pendidikan Islam di Indonesia yang berorientasi pada keunggulan dengan identitas keislaman dalam menjawab tantangan dan persoalan zaman. Karena itu, buku ini menjadi bacaan penting bagi para pengamat atau pemerhati dan mereka yang menaruh perhatian bagi pengembangan pendidikan Islam di Indonesia.

No comments: